[Review FTHX] Perhentian Berikutnya FTISLAND Pastinya Festival Rock Korea

“Kami akan berbagi musik yang kami inginkan, kami ingin melakukan yang kami mau dan milik kami sendiri.”

Julukan ‘idol’ bisa jadi bagus dan buruk. Kalau kamu ingin menunjukkan dirimu sebagai musisi besar, hal ini lebih dari yang terakhir. Itu sebabnya FTISLAND yang debut sebagai ‘idol band’ di tahun 2007 menyatakan bahwa mereka akan menyingkirkan julukan ‘idol’ mereka dan menjadi sebuah band dengan sound rock yang kuat.

Dan tekad mereka tidak sia-sia. Pada 20 September, FTISLAND menggelar konser solo ketujuh di Seoul, Korsel. Konser Korea pertama mereka dalam waktu kurang lebih setahun ini adalah tempat untuk menyaksikan masa 6 tahun pertumbuhan mereka sebagai band rock yang berangkat dari sebuah idol band.

Berbeda ketika mereka debut, FTISLAND melibatkan diri dalam mengatur set list dan pengaturan panggung untuk konser ini. Mereka membuka cerminan tekad mereka untuk menampilkan diri sebagai sebuah band rock. Mereka membawakan lagu-lagu dengan sound rock yang kuat seperti ‘Flower Rock,’ ‘Let It Go,’ dan ‘Try Again.’ Vokalis Lee Hongki menjadi perhatian penonton dengan vokalnya yang kuat dan sikap panggung yang profesional, Choi Jonghun, Lee Jaejin, Song Seunghyun dan Choi Minhwan memainkan instrumen dengan sempurna.

Setelah opening, Lee Hongki membuat fans tertawa dengan mengatakan, “Ini adalah konser pertama kami di Korea dalam beberapa waktu ini. Karena ini konser standing, jadi tidak ada yang pakai high heels kan? kalau ada, keluar!”.

Konser ini digelar tanggal 28 dan 29 September dengan 6000 penonton, termasuk fans Korea dan juga Jepang. Fans Jepang terkenal dengan kelompok usia mereka yang beragam (mulai dari anak muda sampai ibu-ibu).

Konser ini merupakan konser untuk mengungkapkan rasa terima kasih FTISLAND kepada fans mereka yang selalu bersama mereka selama 6 tahun ini dan menunjukkan kesuksesan mereka di Jepang. 11 dari 21 lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu mereka sendiri yang dirilis di Jepang. Mereka menulisnya kembali dalam bahasa Korea. Mudah melihat fans Jepang bernyanyi bersama dari awal sampai akhir.

Di konser ini juga ada panggung emosional. Setelah berjalan mengelilingi panggung tanpa berhenti, Hongki bilang,”Aku sedikit capek, jadi aku akan pelan-pelan sekarang.” Lalu dia menyanyikan ‘I confess’ versi akustik. Setelah itu, gitaris Choi Jonghun meletakkan gitar dan memainkan piano di lagu ‘Severely’.

Lalu tiba saatnya untuk menyanyikan lagu Jepang termasuk, ‘Time To,’ Top Secret,’  dan ‘Freedom.’ Ada aransemen ulang versi FTISLAND, terlihat berbeda dengan lagu-lagu promosi dengan melodi populer seperti “Like birds,’ dan ‘I Hope’ di Korea, memperlihatkan bahwa mereka adalah band rock. Setelah menuangkan semangat berapi-api di atas panggung, Lee Hongki mengambil istirahat dengan mengatakan, “Aku rasa aku sekarat, Ayo kita istirahat dulu. Paru-paruku mau robek.”

Tapi itu tidak berlangsung lama. FTISLAND mengumumkan mereka akan berbagi musik yang mereka benar-benar inginkan, lalu mereka membawakan lagu ‘Beloved,’ Black Chocolate’, dan ‘Revolution.’ Konser ini seperti Festival Rock di Korea. Fans melambaikan towel dan para fans perempuan berteriak-teriak ”Oppa” dengan suara tenang yang tiba-tiba berteriak kencang seperti fans rock.

Lagu terakhir adalah lagu debut mereka ‘Love Sick’ yang dirubah dalam versi rock. Adapun untuk Encore, mereka menyanyikan ‘I Wish,’ dan ‘I hope’, lagu-lagu ini membantu FTISLAND lebih populer di Korea. Pada konser ini, FTISLAND mendatangkan 6000 penonton, membuktikan bahwa dari sebuah idol band mereka telah berkembang sebagai band yang sesungguhnya dengan warna mereka sendiri.

Credit: Union Press + DJ.Pri @tumblr.com ;; Twitter @ChocopieK + Terjemahan Bahasa Indonesia: primindo (https://primindo.wordpress.com)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s