[Audio + Terjemahan] 24·09·2013 FTISLAND @ SBS Radio Kim Changryeol’s Old School

Audio

Terjemahan

FTISLAND comeback dan berada dalam sesi kelas.

Pada 24 September 2013, DJ DOC Kim Changryeol mengundang FTISLAND untuk membicarakan musik bermartabatnya ‘Martabat Musik’. Inikah mengapa:

Hongki: Susah buat datang ke Old School. Aku dengar ini satu-satunya program radio yang sulit untuk orang seumuran kami.

KCR: Ini Old School, Jadi susah untuk grup idol atau anak muda. Tapi FTISLAND sangat dewasa dan…

Jaejin: Jadi kami sudah tua?

Jonghun: Aku sering mendengarkan Old School dan aku selalu penasaran siapa bintang tamu disini.

KCR: Ya, bintang tamu disini kebayakan yang tua-tua, iya kan? Tapi FTISLAND tidak masalah. Mereka memahami dunia orang dewasa dan dunia anak muda. Mereka bisa berkomunikasi dengan semua generasi.

Kami akan mengambil ini sebagai pujian.

Setelah 6 tahun sejak debut, ini adalah pertama kali FTISLAND muncul di radio di Korea setelah setahun. Sesuatu ada yang berubah, dan ada yang tidak berubah.

Yang berubah adalah

KCR: Setelah 6 tahun sejak debut, mereka tidak lagi disebut idol band, tapi hanya Band dengan para anggota yang tampan. Band saja. FTISLAND bergabung dalam Martabat Musik.

Yang sama adalah

Jonghun: aku gitaris Jonghun

Hongki: aku vokalis Hongki

Minhwan: aku drummer Minhwan

Seunghyun: aku gitaris Seunghyun

*Popularitas di Luar Negeri*

KCR: Bagaimana perjalanannya? Aku rasa kalian melakukan dengan baik. Seunghyun, katakan sesuatu

Seunghyun: Saat kami keluar negeri, kami benar-benar merasa bahwa kami begitu dicintai. Baru-baru ini kami pergi ke Turki. Kami pikir kami hanya pergi untuk kunjungan tapi ternyata disana ada banyak fans. Kami sangat terkejut. Kami ngerock

KCR: Kalian menjadi pemimpin.

Hongki: Kami dengar ada banyak orang Eropa menyukai kami tapi dengan alasan yang sungguh lucu. Saat membayangkan orang Eropa, pasti tinggi, pria nya tampan dan berbadan bagus. Tapi mereka berpikir kami cute karena kami berbeda dengan mereka. Dan karena kami adalah band yang masih muda.

KCR: CNBLUE tidak akan populer disana kalau begitu.

Hongki: Kami punya tangan lebih tinggi disana.

KCR: Ya, CNBLUE bukan apa-apa disana. Semua tentang FTISLAND.

Hongki: Mereka semua tinggi.

KCR: Ya, mereka sangat tinggi dan terlalu tinggi. Semua tentang FTISLAND.

(Yang perlu digaris bawahi adalah FTISLAND pendek dan CNBLUE tinggi.)

Ini adalah cerita yang sudah kita semua tahu. Kita tahu bahwa setelah keluar dari akting saat SMP, Hongki pergi ke karaoke bareng teman-temannya setiap hari dan kemudian dia tahu bahwa sebenarnya dia bisa bernyanyi dengan baik. Jadi dia pergi untuk audisi di FNC dan dia lolos.

KCR: Jadi kamu langsung lolos?

Hongki: Tidak, aku harus menunggu selama setahun karena tinggi badanku. Mereka berbohong padaku, katanya mereka memilih member yang semua tinggi badannya 180cm.

KCR: Apa mereka CNBLUE?

Hongki: Bukan, CNBLUE belum dibentuk waktu itu. Jadi aku kembali sekolah dan menghabiskan setahun seperti siswa biasa. Lalu setahun kemudian, mereka memanggilku lagi dan mengontrakku. Setelah itu aku pindah ke dorm untuk pertama kali dan bertemu para member….

*Introduksi Album*

KCR: Kalian mengeluarkan album baru! Mari kita membicarakannya.

Hongki: Ya, judulnya Thanks to. Ini spesial untuk merayakan ulang tahun kami yang ke 6 dan rasa terima kasih kami kepada semua pihak yang membantu kami selama ini.

KCR: Jadi itulah kenapa gambar album jacket nya adalah kehidupan sehari-hari kalian.

Hongki: ini luar biasa. Saat pemotretan album jacket, seharusnya kan kita pergi ke suatu tempat dan memakai make-up. Tapi kami tidak memakai make-up apapun dan…

KCR: Minhwan pastinya yang terbaik. Dia hanya makan.

Jaejin: Semuanya sudah selesai di rumah kami. Kami mengambil gambar di sofa dan barang-barang lain.

KCR: dan lagu-lagunya kalian yang tulis. Siapa saja?

Seunghyun: Mereka bertiga (Seunghyun menunjuk Hongki, Jonghun dan Jaejin).

KCR: Oke, mari kita mulai lagi. Menulis lagu yang mana?

Hongki: Aku menulis ‘Memory’ dan fan song ‘Always with you’.

KCR: Ini lagu yang memberikan kembali cinta yang kamu dapatkan selama ini.

Hongki: Ya, aku sebenarnya akan mengubah lagu itu menjadi sesuatu yang lain tapi akhirnya aku menulis lirik seperti aku menulis lagunya.

KCR: Wow, itu pasti luar biasa.

Hongki: tidak masalah

Jonghun: Aku menulis track ke 3 ‘Try Again.’ ini adalah lagu yang kita bisa main bersama dengan mudah sebagai sebuah band.

KCR: Apa lagu ini muncul sambil latihan?

Jonghun: Tidak, aku memikirkannya sedikit.

KCR: Sekarang ‘Feeling Star.’

Jaejim: ‘Falling Star.’

KCR: Maaf.

Jaejin: lagu ini sangat dinamik tapi seperti band disaat yang sama. Lagu ini sedikit cerah dan kuat.

Hongki: 80% liriknya adalah “catch a falling star.”itu saja. Kamu tidak akan lupa liriknya.

*’Memory’ oleh Lee Hongki*

KCR: Wow, kamu telah kembali sebagai seorang lelaki.

Hongki: Terima kasih

KCR: kalau ‘I Wish’ adalah lagu yang ceria dan berapi-api, yang ini sedikit lebih berat. Kamu bertujuan untuk ini, bukan?

Hongki: Ya, karena Jonghun pengen main piano.

Jonghun: Apa yang harus dilakukan dengan itu?

KCR: Bagaimana perasaanmu tentang lagu itu?

Seunghyun: Pertama, kami benar-benar ingin membuat title song seperti yang sebuah band lakukan dengan lebih banyak instrumental. Tapi ini tidak terlalu jelek karena ini merupakan sebuah genre baru di panggung. Ini sangat manly seperti yang anda bilang. Aku suka.

Minhwan: Aku khawatir mungkin aransemennya terlalu simple. Tapi aku rasa itulah daya tarik kami.

KCR: Kalau kamu, Jonghun? Apakah lebih bagus dari ‘Try again?’

Jonghun: Ada positif dan negatif. Kami pertama khawatir soal lagu Hongki ini karena kunci nadanya terlalu tinggi. 

KCR: Tapi dia bisa.

Hongki: Rekamannya sangat sulit. Saat pertama membuatnya, kunci nadanya setengah lebih tinggi. Aku bahkan tak bisa rekaman, jadi kami putuskan untuk menurunkan kuncinya.

KCR: Kalau kamu Jaejin? Masih bagusan ‘Falling Star,’ kan?

Jaejin: Tidak. Aku lebih suka ‘Memory’ tapi aku lebih suka lagu ‘Always with you’ jadi title song karena ini album spesial kami.

KCR: Jonghun, ceritakan mengenai lagumu ‘Try Again.’

Jonghun: Ya, ini…..ya.

KCR: Apa ada banyak tekanan?

Jonghun: Ya

KCR: Apa aku saja yang memperkenalkan lagumu untukmu?

Jonghun: Tidak. Liriknya bercerita tentang kemarahan kepada dunia. Jadi aku mengekspresikan dengan gitar.

*’Try Again’ oleh Choi Jonghun*

KCR: Kita baru mendengarkan FTISLAND ‘Try Again.’ Lagu ini memiliki sound yang kuat.

Jonghun: Ada banyak komplain di dalamnya. Itu suara kemarahan.

Hongki: Saat Jonghun menulis liriknya, dia menulis tentang kekhawatiran dia dan tantangan-tantangan dengan detil. Dan kemudian menajemen menolaknya. Mereka membuat suaranya secantik mungkin. Mereka mengatakan padanya untuk mengedit lagu itu dan dia mulai stres lagi. Seperti ‘kenapa? Kenapa? Ini kan kisahku!’

KCR: Aku rasa manajemen kalian mencari jalan keluar utuk kaliam karena kalian masih tetap mempunyai image idol. Tapi aku suka FTISLAND berbicara lebih banyak tentang kalian. Di sana, kalian bisa memiliki warna musik kalian sendiri dan improvisasi sebagai sebuah band. Tapi aku rasa kalian harus mengubah hal itu pelan-pelan. Kalau kaliam berubah tiba-tiba, mungkin orang akan bertanya-tanya….

Hongki: Karena itu, ini adalah permulaan kami.

KCR: Kalau kalian berubah secara perlahan, aku yakin mereka akan segera menyadari bahwa kalian sudah berkembang dan berimprovisasi dalam musik.

*Konser FTHX*

Hongki: ini sebuah tantangan. Setelah dua hari konser di Korea, kami istirahat satu hari dan setelah itu memulai tur di Jepang. Kami ada beberapa macam set list.

Seunghyun: Total ada 40 lagu.

Minhwan: Konser di Korea mempunyai set list lagu-lagu Korea saja dan konser di Jepang mempunyai set list lagu-lagu jepang saja.

KCR: Jadi kalian latihan semua 40 lagu bersamaan?

Hongki: Ya

KCR: Tapi kalian tidak punya waktu istirahat.

Jonghun: Kami bahkan tidak bisa liburan Chuseok.

Hongki: Kami pergi Clubbing

KCR: Lalu kalian beristirahat

Minhwan: Ya

KCR: Apa yang bisa fans harapkan untuk melihat konser kalian?

Hongki: Mereka bisa melihat kami perform Live, melihat bagaimana kami mengaransemen musik, bagaimana kami bisa benar-benar fun di panggung, dan berkomunikasi dengan kami seperti teman. Selama konser, fans kadang mengatakan pada kami kalau mereka lelah dan kita butuh istirahat. Saat kami perform, kami berteman dengan mereka semua. Jadi kami bisa bicara informal dan mengumpat.

KCR: Wow, kamu mengumpat. Aku pengen denger.

Hongki: Aku tidak bisa melakukannya disini. Di konser, adalah panggungku dan waktuku, jadi kami bisa melakukan apapun yang kami mau. Tapi tidak saat on air.

*Teamwork*

Hongki: Kalau sering bertengkar lalu langsung minta maaf, kita akan bertahan lama.

KCR: Jadi saat kalian punya masalah, kalian akan langsung mengeluarkan uneg-uneg kalian?

Hongki: Ya, ada beberapa orang menyimpannya dalam hati tapi…

Seunghyun: itu Minhwan.

Hongki: Bahkan saat mereka akhirnya mengeluarkannya, akan ada masalah saat yang lain bertanya ‘Kenapa tidak kamu katakan lebih awal?’ Tapi jika kamu mengerti kepribadian mereka dan menerimanya, maka selesai.

Minhwan:  Aku menyimpan sesuatu yang besar di dalam hati.

KCR: Kenapa?

Minhwan: Aku tidak bisa menemukan waktu yang tepat untuk mengatakannya.

Seunghyun: Dia baru mengatakannya saat mabuk.

Hongki: Dan lalu dia tidak ingat lagi.

Selain album dan konser, FTISLAND juga ada drama musikal. Melalui pengalaman itu, Jaejin bilang dia belajar bagaimana menjadi aktor dan penyanyi yang lebih baik. (Tapi tidak pernah nge dance lebih baik). Itulah kenapa Seunghyun main musikal tanpa ada dance. Dan Minhwan belajar mengatasi demam panggung. Disisi lain, Jonghun, jalan-jalan sama Seungri Bigbang. Kalau tidak dia pergi mancing dan golf.

KCR: Kalian memiliki rasa kedewasaan.

Jonghun: Aku orang yang agak kuno

Hongki: meskipun begitu, kadang dia mengajak kami Clubbing. Lalu dia tidak mau bayar.

*Falling Star oleh Lee Jaejin*

KCR: Jaejin, perkenalkan lagu kamu kepada kami

Jaejin: Judulnya ‘Falling Star.’ Ini lagu yang cerah, fun, dan penuh harapan. Liriknya luar biasa. Nikmatilah

KCR: Lagu ini sangat catchy! CATCH A FALLING STAR!

Jaejin: Dan itu saja…

KCR: Aku rasa FTISLAND adalah yang paling pintar untuk saling menghibur. Kalian memposting beberapa foto aneh di Twitter. Apa tidak apa-apa, Jaejin?

Jaejin: Hongki membuat beberapa alasan aneh untuk membuatku lebih populer . Dan melakukannya saat on air.

Hongki: Aku pernah melakukan itu dan membuat dia menjadi topik yang paling dicari di internet. Saat dia putus dengan pacarnya.

Jaejin: Apa kamu tahu tentang ini? Setelah aku putus dengan pacarku, aku pergi ke Taiwan. Jadi aku bilang pada mereka soal ini dan Hongki menceritakannya kepada semua orang saat wawancara di Taiwan. Dan kalau pacarku dulu suka Iced Latte. 

Hongki: Aku juga menceritakannya di acara TV Yoo Heeyeol dan setelah itu, dia menceritakan itu sendiri. Dia jadi topik pencarian paling atas di internet selama dua hari.

Jaejin: Terima kasih banyak.

KCR: Hongki mulai menyalakan api. Dia berbahaya.

Hongki: Lagu track ke 4 adalah sebuah lagu untuk fans kami. Judulnya ‘Always with you.’ Dengarkanlah!

Source: PriBeauty @Dailymotion + DJ.Pri @tumblr.com ;; Twitter@ChocopieK + Terjemahan Bahasa Indonesia: primindo (https://primindo.wordpress.com)

Posted from WordPress for Primadonna Indonesia

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

